KABUPATEN SIDOARJO JUARA I : Untuk Investment Awards pada Tahun 2021 di JW. MARRIOT HOTEL Surabaya

       Investasi sangat penting untuk pemulihan ekonomi saat ini semakin banyak investasi yang masuk, semakin banyak pula penyerapan lapangan kerja untuk warga. Demi mengapresiasi kinerja pemerintah Kabupaten/Kota dan para investor di Provinsi Jawa Timur. Pemprov Jatim yang menggelar penganugerahan untuk investasi yang bertajuk “Investment Award”.

     Acara yang dilaksanakan di Hotel JW. Marriot Surabaya pada hari Selasa, tanggal 30 Nopember 2021, merupakan rangakaian dari kegiatan Forum Bisnis dan Percepatan Realisasi Investasi di Provinsi Jawa Timur.

      Hadir yang mewakili Gubernur Prov. Jawa Timur Pelaksana Harian (Plh.) Sekdaprov Jawa Timur oleh bapak Heru Tjahjono berkenan untuk membuka dan menyampaikan “Opening Speech”di hadapan para Kepala Daerah, para Investor serta para stakeholder investasi di Jatim. Dalam sambutannya acara yang merupakam buah dari kolaborasi antra Pemprov Jatim dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Jawa Timur tersebut merupakan strategi jitu untuk mendorong investasi dan meningkatkan perekonomian di Jawa Timur pada era Pandemi saat ini.

Penilaian Investment Award terhadap Kabupaten/Kota dan PMA/PMDN dilakukan oleh Tim Independen yang terdiri dari para akademisi, praktisi ekonomi dan jurnalis. Dan didapatkan para pemenang sebagi berikut :

  • Klaster pertama (Kab/Kota dengan PDRB lebih dari Rp 100 Triliun) :

Juara I diraih oleh Kabupaten Sidoarjo

Juara II diraih oleh Kabupaten Gresik

Juara III diraih oleh Kota Kediri

  • Klaster kedua (Kab/Kota dengan PDRB antara Rp 50 – 100 Triliun) :

Juara I diraih oleh Kabupaten Malang

Juara II diraih oleh Kabupaten Banyuwangi

Juara III diraih oleh Kabupaten Bojonegoro

  • Klaster ketiga (Kab/Kota dengan PDRB antara Rp 5-50 Triliun) :

Juara I diraih oleh Kabupaten Lamongan

Juara II diraih oleh Kabupaten Magetan

Juara III diraih oleh  Kabupaten Ngawi

     Selain pemenang-pemenang diatas, penghargaan Investment Award juga diberikan kepada PMA, yakni PT. Paiton Energy sebagai Juara I, PT. Smelting sebagai Juara II, dan PT. Greenfields sebagai Juara III. Sedangkan untuk PMDN, Investment Award diberikan kepada PT Solusi Bangun Indonesia yang meraih Juara I, PT. Tirta Fresindo Jaya sebagai Juara II, dan PT. New Minatex sebagai Juara III.

      Penghargaan diserahkan oleh Plh Sekretaris Daerah Jatim, bapak  Heru Tjahjono kepada Bupati Sidoarjo, bapak H  Ahmad Muhdlor Ali. Dalam sambutannya bupati Sidoarjo menyampaikan “Yang jelas Sidoarjo terus berbenah. Kita ingin membangun ekosistem investasi berkelas dunia, yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Mulai dari sistemnya, SDM-nya, infrastrukturnya, hingga sarana pendukung seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan. Semua kita perbaiki sebagai penopang gerak pemulihan ekonomi berbasis investasi.”

      Dengan terlaksananya acara Investment Award 2021, dimana Kabupeten Sidoarjo meraih juara I akan menjadikan berbagai keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif yang dimiliki Kabupaten Sidoarjo menjadi daerah yang sangat menarik dan layak untuk berinvestasi. Sehingga akan lebih mendorong dan meningkatkan investasi yang masuk di Kabupaten Sidarjo.

WhatsApp Image 2021-11-30 at 09.41.28

WhatsApp Image 2021-11-30 at 11.35.53

WhatsApp Image 2021-11-30 at 11.35.52

Comments are closed.

© 2016 DPMPTSP Kabupaten Sidoarjo